RITUAL ADAT TAMA BELEQ DESA SALUT TAHUN 1443 HIJRIAH/2022 MASEHI

Administrator 14 September 2022 16:16:26 WIB

Salut, 14 September 2022

Segenap warga adat dari beberapa Dusun di Desa Salut yaitu Salut Timur, Montong Kedondong, Salut Barat, dan Salut Kendal mengikuti Ritual Tama Beleq, dimana ritual ini sangat sakral bagi Masyarakat dibeberapa Dusun di Desa Salut. Ritual tama beleq diadakan disetiap tahun, sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Ritual ini diikuti oleh berbagai  elemen Masyarakat dari berbagai unsur, diantaranya adalah Pemerintah Desa Salut yang diikuti langsung oleh Bapak Kepala Desa Salut yaitu Bahrudin, A.Ma dan beberapa Kaur dan Staff Desa Salut, Acaranya ini juga diikuti oleh Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Ritual Tama Beleq adalah Acara Gawe atau roah yang dilaksanakan oleh Masyarakat adat Desa Salut sebagai ungkapan rasa syukur Kepada Allah SWT dan untuk memperingati peralihan musim dari Musim Balit (Kemarau) menuju musim Taon (Hujan). Ritual tama beleq juga sebagai pertanda akan dimulainya musim bercocok tanam karena sudah dekat dengan musim hujan.

Kegiatan tama beleq diawali dengan acara merembun yaitu mengumpulkan bahan sebagai makanan pada acara tersebut. Bahan-bahan yang dikumpulkan diantaranya adalah: Beras, Ketan, Kambing, rempah-rempah, kelapa, dan bahan-bahan lainnya yang akan dimasak pada ritual tersebut, dan dibagikan kepada semua orang yang hadir pada acara tersebut. Kemudian setelah itu dilangsungkan acara santap makanan diiringi oleh alunan Gamelan ciri Khas Masyarakat adat Desa Salut. Selesai santap bersama, masyarakat yang hadir tidak langsung pulang karena harus mengikuti ritual Do’a bersama yang dipimpin oleh Para Kiyai atau Tokoh adat Desa Salut. Kemudian masyarakat dengan tekun mengaminkan Do’a yang dipanjatkan oleh Tokoh adat. Dimana kita ketahui bersama bahwa Do’a tersebut dipanjatkan Kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita dan dengan harapan semoga musim hujan segera tiba agar masyarakat bisa memulai bercocok tanam. Pada akhir acara masyarakat bersorak sorai sebagai ungkapan rasa syukur atas terselenggaranya acara tersebut dan setelah itu segenap masyarakat yang hadir melakukan salam salaman.

Komentar atas RITUAL ADAT TAMA BELEQ DESA SALUT TAHUN 1443 HIJRIAH/2022 MASEHI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Salut

tampilkan dalam peta lebih besar