KKN TEMATIK UNRAM MEMPERKENALKAN MEDIA BARANG BEKAS STEROFOAM SEBAGAI MEDIA TANAM SAYUR DIDESA SALUT

Administrator 07 Agustus 2021 14:32:08 WIB

Mahasiswa Kuliah kerja nyata  (KKN) Tematik Ketahanan pangan Universitas Mataram (UNRAM) memperkenalkan media tanam baru berupa sterofoam sebagai media tanam kepada masyarakat desa Salut, kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Mahasiswa unram menggelar kegiatan sosialisasi di kantor desa Salut. Menjelaskan pentingnya ketahanan pangan terhadap kebutuhan masyarakat, selain itu juga mahasiswa tersebut menjelaskan pentingnya pengolahan bahan bekas menjadi media tanam yang akan di gunakan sebagai media tanam sayur.

Hadirnya mahasiswa KKN UNRAM memberikan harapan kepada masyarakat terhadap persoalan pangan di daerah tersebut. Selain itu memberikan inovasi terhadap masyarakat dalam pengelolaan lahan kosong sebagai tempat untuk penanaman sayur yang menggunakan media tanam bahan bekas tersebut. Selama ini masyarakat tidak mengetahui pentingnya ketahan pangan untuk keberlangsungan hidup, masyarakat juga selama ini belum mampu mengoptimalkan pekarangan rumah mereka menjadi pekarangan yang produktif, di harapkan mahasiswa KKN UNRAM mampu memberi inovasi dan edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya ketahan pangan dan pengoptimalan pekarangan rumah menjadi produktif. “ harapan kami bisa meberikan dampak yang baik terhadap masyarakat dalam penyediaan ketahan pangan dan pengelolaan lahan yang baik untuk desa salut kecamatan kayangan,” tutur mahasiswa sekaligus ketua kelompok KKN Tematik. Akla Triyan Kusuma, selasa (3/8)

Sementara itu, ketua KKN tematik Akla Triyan menuturkan ada 2 jenis media yang akan digunakan untuk penanaman sayuran tersebut. Pertama media botol bekas yang di harapkan mampu mengurangi pencemaran lingkungan perihal sampah plastik. Kedua media tanam sterofoam yang bisa memberikan kemudahan bagi masyrakat dalam pencarian bahan bekas tersebut, selain itu juga media sterofoam ini tidak memerlukan debit air yang begitu banyak sehingga akan mengurangi penggunaan air di desa salut kecamatan kayangan.

 Pengelolaan bahan bekas sebagai media tanam sayur ini tidak hanya untuk mejadi tambahan penghasilan masyarakat, akan tetapi sebagai salah satu kegiatan untuk mengurangi pencemaran lingkungan selain itu juga mampu memberikan solusi bagi masalah kurangnya pengoptimalkan lahan kosong di desa salut kabupaten Lombok utara.  “ masyarakat harus mampu mengetahui proses penanaman hingga panen sehingga masyarakat terus bisa melakukannya secara berkelanjutan.”

Kepala Desa Salut (Bahrudin, A.Ma) mewakili seluruh masyarakat yang ada di Desa Salut menyampaikan ucapan terima kasih kepada KKN Tematik Unram karena banyak hal yang telah diberikan kepada Masyarakat Desa Salut. Lewat kesempatan itu juga Kepala Desa Salut berharap adanya tindak lanjut dari masyarakat atas segala inovasi yang diberikan oleh rekan-rekan KKN Tematik Unram Tahun 2021.

Komentar atas KKN TEMATIK UNRAM MEMPERKENALKAN MEDIA BARANG BEKAS STEROFOAM SEBAGAI MEDIA TANAM SAYUR DIDESA SALUT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Salut

tampilkan dalam peta lebih besar